Hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai keberhasilan organisasi
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai keberhasilan organisasi
Dalam setiap organisasi akan ditentukan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan,pengklasifikasian pekerjaan dan membagikannya kepada kelompok, unit organisasi atau perorangan. Pembagian tugas sering juga disebut spesialisasi agar setiap orang terlibat dalam organisasi sesuai bidang tugasnya dan dapat mengembangkan diri menjadi spesialisnya. Banyak sekali ditemukan dalam sebuah organisasi, para pegawai mengerjakan pekerjaan tidak sesuai dengan kualifikasi dirinya atau bukan berdasarkan bidangnya. Hal ini penting dikaji karena pembagian tugas akan berdampak terhadap wewenang dan tanggungjawab, banyak pekerjaan tidak tuntas diselesaikan karena bukan dikerjakan oleh orang yang konsen kaitan pekerjaanya.
Tujuan sebuah organisasi dapat tercapai apabila peran manusia dalam organisasi berjalan dengan baik, Hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai keberhasilan organisasi:
- Peran dan kemampuan menejemen pemimpin dalam mempengaruhi perilaku orang-orang yang menjadi bawahannya
- Rentang kendali yang mencerminkan hubungan atasan dan bawahan.
- Struktur organisasi
- Tata kerja dan prosedur kerja yang meliputi pengaturan pembagian tugas yang jelas, (siapa melakukan apa; pengaturan hubungan kerja sama antar satuan organisasi ( siapa bekerjasama dengan siapa ); Pengaturan garis wewenang dan tanggungjawab ( siapa memerintah dan siapa yang bertanggungjawab kepada siapa )
Apabila sebuah organisasi yang keliru dan sudah terlanjur dengan pola yang tidak jelas dalam pembagian pekerjaan maka sebaiknya agar segera memperbaiki tata kerja dan prosedur kerja