Berita

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimanakah website ini?
Baik
Cukup
Kurang

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimana Pelayanan di Kecamatan Kutowinangun
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang Baik
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Jelang Persiapan New Normal Pandemi Covid-19 di Kecamatan Kutowinangun Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kutowinangun Sambangi Tokoh-tokoh agama di wilayahnya

Admin 04 Juni 2020 10:28:49 WIB dibaca 133 kali

Dalam rangka mendukung fungsionalisasi rumah ibadah melalui adaptasi ke perubahan kegiatan menuju masyarakat produktif dalam tatanan baru Pandemi Covid-19 (New Normal) Kamis 4 Juni 2020 Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Camat Kutowinangun sambangi Tokoh Agama di Wilayah Kecamatan Kutowinangun.

Adapun Anggota Gugus yang Turut serta mendampingi  Camat yakni Kapolsek Kutowinangun Iptu H. Sugiyanto SH, Danramil Kutowinangun Kapten. Suprapto, Kepala Puskesmas Kutowinangun dr. Prabawa Adi, serta Anggota Gugus dari Kecamatan Sujiarto, Eko Waluyo, Anggota Polsek Kutowinangun Aiptu Muadin, Babinsa Koramil 09 Sertu Suranto dan Sertu Nurul Yaqin serta Sujatmiko dari Puskesmas Kutowinangun.

Dalam kesempatan tersebut Gugus Tugas menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan spritualitas untuk menghadapi Pandemi Covid-19 serta dampaknya sekaligus meminimalisir resiko akibat terjadinya kerumunan dalam satu lokasi gugus tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kutowinangun menyampaikan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan ibadah dirumah ibadah diperbolehkan dengan tetap menerapkan protokol Covid 19 

Secara tertulis panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di tempat ibadah telah ditetapkan melalui surat Camat Kutowinangun nomor 451/315 tanggal 3 Juni 2020 perihal penyelenggaraan kegiatan keagamaan di tempat ibadah yang memuat kewajiban pengurus atau penanggung jawab rumah ibadah diantaranya Pengurus agar menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol Kesehatan di area rumah ibadah, melakukan pembersihan dan disinfektasi secara berkala di area rumah ibadah, membatasi jumlah pintu/jalur keluar masuk rumah ibadah, menyediakan fasilitas cuci tangan/sabun/sanitizer di pintu masuk dan keluar rumah ibadah,  menyediakan alat pengecekan suhu tubuh di pintu masuk dan keluar dan jika ditemukan pengguna rumah ibadah dengan suhu lebih dari 75,5 ' CC dari hasil 2kali pemeriksaan dengan jarak waktu 5 menit tidak diperkenankan memasuki area rumah ibadah, menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus dilantai minimal 1 meter, melakukan pengaturan jumlah jamaah yang berkumpul dlm waktu bersamaan, memasang himbauan penerapan protokol Kesehatan serta menerapkan protokol khususnya bagi jamaah yang dari luar lingkungan tempat ibadah.

Sementara itu protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh masyarakat wajib memperhatikan hal hal diantaranya Jamaah dalam kondisi sehat, menggunakan masker/masker wajah sejak keluar rumah dan selama berada di area rumah ibadah, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menghindari kontak fisik, menjaga jarak antar jamaah minimal 1 meter, bagi anak anak dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit serta orang dengan sakit bawaan yang beresiko tinggi terhadap Covid19 diminta agar tidak melakukan peribadatan di rumah ibadah, ikut peduli terhadap penerapan pelaksanaan protokol kesehatan dirumah ibadah sesuai ketentuan.

Menanggapi hal tersebut KH. Nasrulloh yang merupakan salah satu tokoh agama cukup ternama saat di temui di kediamannya menyampaikan terimakasih dan bersyukur bahwasanya kegiatan peribadatan di tempat-tempat ibadah yang sudah cukup lama dirindukan oleh kaum muslim pada khususnya telah dapat dilaksanakan kembali namun khusus untuk kegiatan pengajian rutin yang biasa dilaksanakan pada setiap sabtu di Masjid At Taqwa Kutowinangun untuk sementara ini beliau masih belum akan dilaksanakan kembali sampai dengan batas waktu yang belum dapat ditentukan mengingat jamaah yang hadir tidak hanya berasal dari Kutowinangun bahkan luar kabupaten 

Dalam kesempatan tersebut Camat Kutowinangun juga menyerahkan sejumlah 200 masker kepada pengurus yang diterima langsung oleh ketua MWC NU Kutowinangun KH. Maskur Salim dan Ketua PCM Muhammadiyah KH. Istiqlal.