Berita

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimanakah website ini?
Baik
Cukup
Kurang

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimana Pelayanan di Kecamatan Kutowinangun
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang Baik
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Cegah Penyebaran Covid-19 Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kutowinangun lakukan fasilitasi Pemulangan Santri Al Iman Purworejo

Administrator 15 Mei 2020 12:08:41 WIB dibaca 136 kali

KUTOWINANGUN- Kamis, 14 Mei 2020  Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Kutowinangun Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Kutowinangun yang dipimpin langsung oleh Camat Kutowinangun, Bambang Budi Sanyoto SH Selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Kutowinangun  melaksanakan Fasilitasi Pemulangan Santri dari Pondok Pesantren Al Iman Purworejo.


Kedatangan sejumlah 68 Orang Santri yang berasal dari Tiga Kecamatan di Kabupaten Kebumen menggunakan 2 armada Mini Bus, selain disambut oleh Gugus Tugas masing-masing Kecamatan juga disambut dengan gembira oleh para keluarga nya.


Sebagai bentuk upaya pencegahan adanya Virus Covid yang sedang merebak Pihak Pengurus Ponpes melalui Panitianya telah melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan terhadap rencana Pemulangan para santrinya.

"Sebelumnya kami telah melakukan upaya koordinasi terkait rencana Pemulangan sejumlah 68 orang santri Pondok yang berasal dari tiga Kecamatan yang terdiri dari 16 orang dari Kecamatan Alian, 12 Orang dari Kecamatan Poncowarno dan 40 orang dari Kecamatan Kutowinangun ini kami Upayakan penyesuaian terhadap situasi dan kondisi imbas dari wabah Covid, maka dari itu kami Upayakan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya tidak mungkin para santri kami turunkan para santri di sembarang tempat maka dari itu kami koordinasikan dengan pemerintah setempat agar pemulangan para santri dapat terfokus di satu tempat" terang Moch Muchlasin selaku Korlap Alumni Ponpes Al Iman Purworejo.


Sementara itu Camat Kutowinangun selaku ketua Gugus Tugas Kecamatan dengan didampingi oleh Anggota Forkompimcam dan Anggota Gugus mengatakan bahwa penjemputan santri yang sedianya direncanakan akan dilakukan di Lapangan Kutowinangun dialihkan ke Halaman Kantor Kecamatan Kutowinangun.

Hal ini dimaksudkan agar mengurangi banyaknya Kerumunan dan kontak langsung para santri dengan keluarga setelah turun dari kendaraan pengangkut.

Selain itu dipilihnya Halaman Kantor Kecamatan juga untuk memudahkan proses pendataan dan pemeriksaan kesehatan para santri oleh Tim Medis.

" Hari ini kami telah melakukan pemeriksaan awal yaitu screening Test oleh Tim Medis Puskesmas dan Alhamdulillah dari sejumlah santri dari Kecamatan Kutowinangun dalam keadaan baik, dan untuk selanjutnya para santri kami serahkan ke Desa untuk dilakukan protokol sesuai protokol Covid di tingkat Desa " Imbuhnya.


Di lokasi Penjemputan para petugas medis Puskesmas Kutowinangun, Alian, Poncowarno dengan dibantu oleh personil TNI-POLRI, Satpol-PP Kecamatan serta Banser turut membantu Pendataan dan Pengamanan.


Screening Kesehatan yang dilakukan Tim Medis diantaranya melalui gerakan Cuci Tangan dengan Handsant, Pengecekan Suhu tubuh serta wawancara standar Covid19 serta menyampaikan pesan-pesan Kesehatan serta kepada mereka diminta agar mematuhi protokol Kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah, dan selanjutnya memberikan surat keterangan kepada Desa.

Selain itu Tim BPBD Kebumen dengan dibantu MCCC Muhammadiyah Kutowinangun pun turut membantu penyemprotan Disinfektan terhadap armada yang digunakan untuk penjemputan serta barang bawaan para santri.


Dari sejumlah 40 orang santri dari Kecamatan Kutowinangun yang dipulangkan terbanyak berasal dari Desa Lumbu yaitu sejumlah 8 Orang, Desa Tanjungsari 6 Orang, Desa Ungaran 5 Orang,  Desa Triwarno 4 Orang,  Desa Pejagatan 3 Orang, Desa Babadsari 3 Orang, Desa Lundong 2 Orang, Desa Pesalakan 2 Orang, Desa Karangsari 2 orang, Desa Jlegiwinangun, Kutowinangun, Kuwarisan, Mrinen dan Mekarsari masing-masing 1 orang. *BAKOHUMAS KECAMATAN KUTOWINANGUN*